Nabi Yusuf di Mesir

Pada periode ini Yusuf dan keluarganya tinggal di Mesir yang saat itu sedang diperintah oleh Heksus. Mereka, sebagaimana para pendahulunya, adalah orang-orang yang zalim dan diktator, dan senantiasa menolak kebenaran.

Akhirnya, para Heksus dikuasai kembali oleh Fir’aun-Fir’aun. Setelah posisi mereka kuat di bawah pemerintahan Hemes, mereka menguasai Mesir dan pengaruhnnya meluas hingga ke Irak pada masa pemerintahan Themes III dan Ramses II yang memerangi Hitti di Syam dan menaklukkan-nya. Kebaikan sernakin bertambah, namun kekafiran serta kefasikan mereka sernakin meningkat pula.

Pada periode ini Fir’aun-Fir’aun di Mesir mulai membunuhi anak-anak laki-laki Bani Israel. Sebab, orang-orang Bani Israel menyebarkan isu bahwa akan datang seorang anak laki-laki yang akan menghancurkan Fir’aun dan kaumnya. Allah berfirman,

“Sesungguhnya Fir’aun telah berbuat sewenang-wenang dimuka bumi dan menjadikan penduduknya berpecah-belah, dengan menindas segolongan dari mereka, menyembelib anak laki-laki mereka, dan membiarkan hidup anak-anak wanita mereka. Sesungguhnya Fir’aun termasuk orang-orang yang berbuat kerusakan.” (al-Qashash: 4)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s