Nabi Sulaiman a.s.

Nabi Sulaiman a.s. melanjutkan jihad ayahnya sampai ke Damaskus. Dia berhasil menaklukkan Yaman dan menjadikan orang-orang Saba’ bertekuk lutut di hadapannya. Dia menikah dengan ratu mereka yang bernama Bilqis. Namun, dia tetap menjadikan Bilqis sebagai penguasa Yaman yang tetap tunduk di bawah kekuasaanya. Sang Ratu dengan sejumlah besar bawahannya telah menyatakan beriman kepada Allah setelah sebelumnya mereka menyembah bintang-bintang dan matahari.

Di antara yang dilakukan Sulaiman adalah merehabilitasi dan merenovasi Masjidil Aqsha yang sebelumnya pernah dibangun oleh Ya’qub atau ayahnya Ishaq empat puluh tahun setelah dibangunnya Ka’bah. Allah berfirman,

“Sulaiman telah mewarisi Daud dan dia berkata, ‘Hai manusia, kami telah diberi pengertian tentang suara burung dan kami diberi segala sesuatu. Sesungguhnya (semua) ini benar-benar suatu karunia yang nyata.'”(an-Naml: 16)

Sulaiman berdoa kepada Allah untuk dirinya sendirinya,

“la berkata, ‘Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerah-kanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang pun sesudahku.'” (Shaad : 35)

Kemudian Allah mengabulkan doanya dan Allah tundukkan padanya angin, manusia, dan jin serta Allah ajarkan bahasa binatang. Allah berfirman,

“Kemudian Kami tundukkan kepadanya angin yang berembus dengan baik menurut kemana saja yang dikehendakinya. Dan (Kami tundukkan kepadanya) setan-setan yang semuanya ahli bangunan dan penyelam. Juga setan lain yang terikat dan terbelengggu.” (Shaad : 36-38)

Sulaiman bertahta di singgasana kerajaan selama 20 tahun dengan senantiasa menegakkan syariah Allah dimuka bumi.  Setelah wafat dia digantikan oleh anaknya yang bernama Rahba’am. Sepeninggalnya, keadaan Bani Israel semakin melemah dan kerusakan yang mereka lakukan semakin bertambah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s