Nabi Samuel a.s.

Bani Israel meminta pada Nabi Samuel untuk berperang dan menentukan seorang raja yang memimpin mereka untuk berperang. Maka, Nabi Samuel memilih Thalut sebagai raja mereka. Allah berfirman,

“Nabi mereka mengatakan kepada mereka, ‘Sesungguhnya Allah telah mengangkat Thalut menjadi rajamu.’ Mereka berkata, ‘Bagaimana Thalut memerintah kami, padahal kami lebih berhak menjadikan pemerintahan daripadanya, sedang dia pun tidak diberi kekayaan yang banyak?”‘(al-Baqarah: 247)

Orang-orang itu selalu menggugat dengan ungkapan yang merendahkan Thalut. Pasalnya, Thalut dilihat sebagai seorang yang fakir dan tidak berharta. Allah berfirman,

“Nabi mereka mengatakan kepada mereka, ‘Sesungguhnya tanda ia akan menjadi raja, ialah kembalinya tabut kepadamu, di dalamnya terdapat ketenangan dari Tuhanmu dan sisa dari peninggalan keluarga Musa dan keluarga Harun. Tabut itu dibawa malaikat.'” (al-Baqarah : 248)

Tatkala mukjizat itu benar-benar terjadi, mereka pun tunduk dan mau berada di bawah kepemimpinannya.

Terjadilah pertempuran antara Bani Israel dan kaum Amaliqah yang dipimpin oleh Jalut. Pertempuran itu terjadi di Marj al-Shifr (wilayah selatan Damaskus). Daud a.s. berhasil membunuh Jalut yang sombong hanya dengan menggunakan batu dan katapel. Saat itu Daud hanyalah seorang anak baru dewasa yang ikut dalam pasukan Thalut.

Allah berfirman,

“Tatkala mereka tampak oleh Jalut dan tentaranya, mereka pun (Thalut dan tentaranya) berdoa, ‘Ya Tuhan kami, luangkan-lah kesabaran atas diri kami, kokohkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap orang-orang yang kafir. Mereka (tentara Thalut) mengalahkan tentara Jalut dengan ijin Allah dan (dalam peperangan itu) Daud membunuh Jalut. Kemudian Allah memberikan kepadanya (Daud) pemerintahan dun hikmah serta mengajarkan kepadanya apa yang dikehendaki-Nya.”(al-Baqarah : 250-251)

2 responses to “Nabi Samuel a.s.

  1. Tulisan ini saya dapati pd buku “Sejarah Islam” karya Ahmad Al-Usairy, alangkah baiknya jika sumber artikel ini dicantumkan sebagai referensi pembaca.

    salam,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s