Nabi Ayub AS

Allah mengutus Ayyub kepada Bani Israel. Ayyub dikenal sebagai seorang Nabi yang memiliki harta yang sangat banyak dan keluarga dalam jumlah besar. Kemudian Allah cabut semua yang dia miliki darinya. Allah menimpakan pada jasadnya beberapa penyakit. Sehingga, tidak ada sejengkal tubuh pun yang sehat kecuali hati dan lisannya yang dengan-nya dia menyebut nama Allah.

Semua orang yang dulunya dekat dengannya kini menjauhinya kecuali seorang istrinya yang sangat setia dan selalu menemaninya sepanjang masa sakitnya. Kemudian dia dibuang di tempat kotor di luar kota. Ujian yang Allah timpakan ini berlangsung selama 18 tahun. Kemudian Allah menyembuhkannya dari penyakit yang dia derita. Allah berfirman,

“Dan (ingatlah kisah) Ayyub, ketika ia menyeru Tuhannya, ‘(Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang. Maka, Kami pun memperkenankan seruannya itu. Lalu, Kami lenyapkan penyakit yang ada padanya dan Kami kembalikan keluarganya kepadanya serta Kami lipat gandakan hilangan mereka, sebagai suatu rahmat dari sisi Kami dan untuk menjadi peringatan bagi semua yang menyembah A/toft.” (al-Anbiyaa’: 83-84)

Nabi Ayyub terus berkeliling menyebarkan dakwahnya di wilayah utara Suriah. Dia menyeru manusia untuk ber-ibadah kepada Allah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s