Kisah Nabi Luth AS

Nabi Luth adalah anak saudara Nabi Ibrahim. Dia telah beriman kepada apa yang dibawa Nabi Ibrahim dan ikut ber­sama Ibrahim ke Syam. Dia tinggal di kota Sadum di sebelah selatan Laut Mati.

Allah kemudian mengutus Luth pada kaum itu di Sadum. Mereka merupakan orang yang paling ingkar dan paling kafir kepada Allah. Mereka adalah orang pertama yang melakukan perbuatan paling jahat dan paling nista yang belum pernah dilakukan oleh manusia manapun sebelum mereka. Yakni, perbuatan homoseksual.

Allah berfirman,

“Dan (Kami telah mengutus) Luth (kepada kaumnya). (Ingatlah) tatkala dia berkata kepada kaumnya, ‘Mengapa kamu mengerjakan perbuatan keji itu, yang belum pernah dikerjakan oleh seorang pun (di dunia ini) sebelummu?’ Sesungguhnya kamu mendatangi laki-laki untuk melepaskan nafsumu (kepada mereka), bukan kepada wanita, malah kamu ini adalah kaum yang melampaui batas.”‘(al-A’raaf : 80-81)

Para malaikat itu menenangkan Luth dan menyuruhnya untuk meninggalkan negerinya bersama-sama dengan ke-luarganya pada malam hari itu. Pasalnya, Allah akan me-nurunkan azab kepada mereka di pagi hari. Allah berfirman,

“Maka, tatkala datang azab Kami, Kami jadikan negeri kaum Luth itu yang di atas ke bawah (Kami balikkan) dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi. Yang diberi tanda oleh Tuhanmu dan siksaan itu tiadalah jauh dari orang-orang yang zalim.” (Huud: 82-83)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s