Peradaban Kaldaniyah (Caldean, Babilonia ke-2) dan Persia

Peradaban Kaldaniah, Babilonia ke-2

Orang-orang Kaldaniyah menjadi penguasa di kawasan itu. Sedangkan, penguasa dan raja terbesar dari mereka adalah Hukhtunasser (Nebuchadnessar) yang mampu menguasai negeri-negeri Syam dan menghancurkan Al-Quds. Dia membunuh orang-orang Yahudi dan merampas kerajaannya. Orang-orang Yahudi itu dihancurkan, diusir dan ditawan. Sejak saat itulah orang-orang Yahudi Bani Israel terpencar kemana-mana dan bertebaran di segala tempat. Sebagian dari mereka berdiam di Hijaz, Mesir, dan di negeri yang lain.

Setelah itu Bukhtunasser menguasai Mesir. Salah satu proyek penting yang dia lakukan adalah pembangunan benteng Babilonia yang sangat terkenal. Pemerintahan ini terus berlangsung beberapa lama hingga akhirnya ia dikalahkan oleh Persia. Pasukan Persia menduduki wilayah itu sekitar lahun 1161 Sebelum Hijriyah atau 504 Sebelum Masehi. Demikian yang diterangkan Mahmud Syakir dalam at-Tarikh al-lslami.

Peradaban Persia

Orang-orang Persia berasal dari Irak. Kemudian mereka ini melakukan migrasi ke wilayah timur dan membangun Persia. Tatkala telah kuat, maka mereka melakukan penyerangan pada pemerintahan Kaldaniyah. Mereka mampu menguasai Mesir dan Irak.

Mesir terus berada di tangan mereka hingga akhirnya diduduki oleh Alexander Agung (penguasa Yunani).

Peta Babilonia

Peta Babilonia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s