Ringkasan Sejarah Klasik Pra Islam dan Kondisi ekonomi Bangsa Arab

Kondisi Ekonomi Bangsa Arab

Sumber ekonomi utama yang menjadi penghasilan orang Arab adalah perdagangan dan bisnis. Orang-orang Arab di masa jahiliah sangat dikenal dengan bisnis dan perdagangan-nya. Perdagangan menjadi darah daging orang-orang Quraisy. Sebagaimana yang Allah sebutkan di dalam Al-Qur’an,

“Karena kebiasaan orang-orang Quraisy, yaitu kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas.” (Quraisy: 1-2)

Mereka melakukan perjalanan bisnis ke Yaman pada musim dingin dan perjalanan bisnis ke Syam pada musim panas.

Masa Fatrah

Dari pemaparan di atas kita bisa melihat bahwa risalah kenabian pernah torputus di Jazirah Arabia dalam jangka waktu yang panjang. Yakni, sejak masa Ismail a.s. hingga diutusnya Nabi Muhammad saw.. Secara umum kenabian pernah terputus dari dunia sejak diangkatnya Nabi Isa ke langit, yakni sekitar tahun 610 SM.

Masa terputusnya kenabian dalam jangka tertentu itulah yang disebut dengan masa fatrah. Di masa itulah masyarakat dunia mengalami degradasi moral dalam kadar yang sangat tinggi. Pada masa itulah benar-benar dibutuhkan seorang nabi yang akan mengembalikan manusia kepada jalan kebenaran. Khususnya setelah terjadi penyimpangan dan perubahan terhadap agama-agama langit yang diturunkan kepada para nabi sebelumnya. Sehingga, agama samawi itu sirna orisi-nalitasnya. Maka, datanglah kerasulan Muhammad saw. kepada semua manusia.

Ringkasan Sejarah Klasik Pra Islam

  1. Allah menciptakan manusia, lalu Dia mengutus beberapa rasul untuk menyeru manusia agar menyembah-Nya.
  2. Adam adalah manusia dan Nabi pertama
  3. Terjadi pergantian peradaban dan banyak nabi dan rasul yang Allah turunkan. Peradaban manusia pertama muncul di Irak, Mesir, Syam, dan Jazirah Arab.
  4. Di antara peradaban penting di Irak adalah Sumeria, Akkadia, Ayalamiyah, Babilonia, Asyuriah, dan Kalda-niyah. Sedangkan, nabi-nabi yang diutus di kawasan itu adalah Nuh, Ibrahim, dan Yunus.
  5. Sedangkan, peradaban terpenting di Syam adalah Amuriyah, Vinikia, Kan’an, Aramiyah, Anbath dan Tadmur, serta Ghassan dan Munadzarah. Kebanyakan nabi dan rasul muncul di Syam. Di antaranya adalah Luth, Ishaq, Ya’qub, Ayyub, Ilyasa’, Yasin, Ilyas, Daud, Sulaiman, Zakariya, Yahya, dan Isa. Mereka adalah nabi-nabi Bani Israel yang Allah utus kepada mereka dan kepada selain mereka.
  6. Di Mesir muncul peradaban Fir’aun dan peradaban Heksus. Di sana muncul nabi yang di antaranya Yusuf dan Musa.
  7. Di Jazirah Arab muncul kaum ‘Aad, Tsamud, dan penduduk Madyan, juga peradaban Yaman (Ma’in, Saba’, Himyar, Qatban) serta beberapa kabilah yang melakukan migrasi setelah hancurnya bendungan Ma’rab. Juga muncul orang-orang Habasyi dan anak cucu Nabi Ismail bin Ibrahim a.s.. Para nabi Jazirah Arab adalah Hud, Saleh, Syu’aib, dan Ismail.
  8. Muncul beberapa peradaban lain yang menguasai dunia seperti peradaban Persia, kemudian Yunani dan Romawi.

Sebagian besar dari kerajaan-kerajaan itu dan kelompok-kelompok manusia tersebut mendustakan rasul. Mereka terus tenggelam dalam kesesatan dan penyimpangannya. Hanya sedikit dari mereka yang berirnan kepada para rasul tersebut. Kemudian Allah mengutus Rasul-Nya yang terakhir, Muhammad saw., kepada seluruh umat manusia yang bcrada di seluruh belahan dunia. Beliau diberi tugas oleh Allah untuk memberikan petunjuk kepada manusia yang sedang tersesat.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s